Antitesa.com – Garut merupakan salah satu daerah yang konsisten menyebarkan seni pangkas rambut ke seluruh penjuru nusantara. Seniman pangkas rambut dari kota ini, sudah diakui eksistensinya.

“Terhitung sejak meletusnya pemberontakan DI/TII pada tahun 1949-1950. Banyak warga Garut mengungsi ke daerah lain. Untuk bertahan hidup di pengungsian, mereka membuka jasa potong rambut di bawah pohon, atau kios kecil dengan alat-alat cukur tradisional. Hingga akhirnya, jasa pangkas menjadi mata pencaharian utama mereka. Secara turun-temurun,” cerita Eldy Supriadi, pemilik Eldy Barbershop yang berlokasi di Cimanuk, Jayaraga, Garut, Senin, (21/2/2022).

“Saya sendiri mulai menggeluti usaha Barbershop ini pada tahun 2008. Memanfaatkan salah satu bangunan rumah di pinggir jalan sekitar rumah,” katanya.

Saat itu, lanjutnya, ia bersama beberapa teman mulai membuka usaha Barbershop.

“Selain tentu sebagai mata pencaharian, lebih dari itu kami juga ingin melestarikan seni pangkas rambut yang merupakan warisan sejarah leluhur Garut. Ini perlu dipelihara oleh setiap generasi, agar tidak tergerus arus perkembangan zaman,” paparnya.

Mulai belajar memangkas rambut secara otodidak sejak belia, Eldy sering mengikuti seminar-seminar seni pangkas rambut, baik lokal maupun nasional.

“Saya belajar memangkas rambut sejak masih SMP. Dan otodidak. Nah, untuk menambah wawasan, saya mengembangkan diri dengan ikut berbagai seminar dan pelatihan soal model potongan rambut yang sedang trend, atau cara merawat rambut dengan peralatan cukur terbaru. Karena pangkas rambut itu ‘kan sudah menjadi bagian gaya hidup,” tambahnya.

Tampilan Barbershop milik pria yang juga dikenal aktif diberbagai organisasi ini, terlihat unik dan menarik.

“Mungkin karena keunikan tersebut, tempat saya ini banyak diangkat berbagai media nasional. Baik stasiun televisi, maupun media-media online,” katanya.

“Banyak yang sudah menjadi pelanggan. Mereka berasal dari berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, hingga pejabat publik dan beberapa pengusaha. Cuma kami para seniman rambut yang bisa dengan bebas menundukkan kepala siapapun. Hahaa,” candanya.

“Prinsipnya, saya selalu berusaha mengutamakan kenyamanan konsumen. Siapapun itu. Kepuasan mereka adalah kebanggaan saya,” tegas dia. (**)

Share this: